Kereta Mini Thomas

Kereta Thomas sangat populer di kalangan anak-anak dan balita. Thomas adalah nama tokoh kereta api uap dalam cerita kartun anak-anak yang sangat lucu. Kereta Thomas digambarkan memiliki indera seperti manusia. Dia memiliki mata, alis, dan mulut pada bagian depan lokomotif uap. Pencipta tokoh kereta Thomas bernama R.W Awdry yang berasal dari Amerika Serikat. Dulunya ketika masih bujang, dia memang sangat menggemari kereta api uap dan kegemarannya ini tetap terpelihara hingga dia menikah. Filosofi “Air cucuran atap jatuhnya tak jauh ke pelimbahan juga…”, ternyata berlaku padanya. Anaknya sangat menggemari kereta api uap juga seperti dirinya.  

Sejarah Penciptaan Tokoh Kereta Uap Thomas
Tokoh kereta Thomas awalnya adalah nama sebuah kereta uap kayu yang diciptakan oleh R.W Awdry untuk putra kandungnya yang bernama Chystoper Awdry. Tak lama kemudian R.W.Awdry mengarang cerita-cerita yang memakai tokoh utama Thomas, sang kereta api uap yang lucu. Sedangkan nama teman-teman Thomas yang lain diciptakan sejalan dengan berkembangnya cerita-cerita dengan tokoh sentra Thomas. Karakter cerita kereta Thomas sangat terkenal di Inggris, awalnya cerita dibuat dalam bentuk buku. Tahun 1984 baru digarap menjadi film berseri di TV dan kemudian digandakan dalam format VCD juga DVD. Versi layar lebarnya juga sempat digarap dengan judul “Thomas And The Magic Railroad”. Kisah Thomas Dan Kawan-Kawan Diceritakan kereta Thomas adalah kereta api uap yang memiliki sifat terpuji. Karena dia ringan tangan untuk menolong teman-temannya, maka dia memiliki banyak teman. Dia dan teman-temannya tinggal di Pulau Sodor. Thomas dan kawan-kawannya digambarkan memiliki indera seperti manusia, di depan lokomotif uap terdapat 2 alis yang berjajar, 1 hidung yang bulat, berpipi tembem, juga sebuah mulut yang bisa berekspresi. Perasaan Thomas dan kawan-kawannya bisa terlihat ketika mereka sedih, senang, gembira, kecewa, marah, malu, ataupun sedang salah tingkah. Thomas sangat gemar menolong dan sangat baik hati. Dia ringan tangan untuk menolong teman yang kesulitan, atau sedang tertimpa kecelakaan. Jika ada kereta api uap lain keluar dari jalur rel kereta api, Thomas tanpa pamrih akan menolong kereta api yang mengalami kecelakaan itu supaya bisa kembali ke jalurnya. Seorang laki-laki berperawakan gemuk dan botak yang biasanya memakai topi hitam di atas kepalanya, adalah pengawas Thomas. Lelaki ini dijuluki sebagai Fat Controller karena gemuk, kadang-kadang juga dijuluki Mr. Topham Hatt karena botak dan bertopi. Identitas di badan bagian samping kereta-kereta uap yang juga menjadi tokoh utama cerita ini berupa nomor urut sebagai berikut : Thomas(1), Edward(2), Henry(3), Gordon(4), James(5), Percy(6), Toby(7), Duck(8), Donald(9), Douglas(10) dan Oliver(11). Dua gerbong yang setia menemani Thomas bernama Annie dan Clarabel. Sebenarnya masih banyak teman-teman Thomas yang lain, dan karena begitu banyak temannya, pada cerita Thomas versi terbaru, teman-teman Thomas tidak diberi identitas nomor namun nama-namanya sangat menarik. Unik dan serunya, meskipun Thomas adalah kereta api uap, Thomas diceritakan bisa berkhayal. Kebetulan kereta-kereta teman Thomas semua beridentitas laki-laki, lalu dia berkhayal punya teman kereta api beridentitas perempuan bernama Emily dan Lady.  

Kereta Thomas Dan Pendidikan Anak-Anak
Meskipun cerita kartun Thomas gambarnya cukup sederhana dan tidak serumit dan secangggih cerita-cerita dari kartun Walt Disney juga Dreamwork, cerita Thomas sangat direkomendasikan untuk ditonton anak-anak. Kisah kereta Thomas mengajarkan empati, persahabatan, kerjasama, kasih sayang dan banyak perilaku positif lainnya yang sangat baik untuk menanamkan doktrin pada usia emas pertumbuhan anak-anak. Isi film kartun ini juga memiliki kelebihan dibanding cerita-cerita kartun yang sudah ada, yaitu tidak mengandung unsur kekerasan. Sejak tahun 2003 tokoh Kereta Thomas mulai diperkenalkan di Indonesia. Pada ulang tahun penciptaan Kereta Thomas yang ke-60, yaitu tahun 2005, berbagai mainan anak berbentuk kereta uap dan berbagai cenderamata mata mulai dari handuk, peralatan makan anak, sikat gigi, botol minum, toples, topi, aksesoris pada pakaian, tas dan lain-lain bergambar Thomas dan teman-temannya banyak bertebaran di kids station ( toko mainan anak).sumber anehira.com

Kereta Thomas Dijual | Pabrikkeretamini.com 
Kereta Mini Thomas Sepeda Motor | Keretamini.com